Sabtu, 22 Desember 2018

Pendidikan Kewarganegaraan BELA NEGARA ZAMAN NOW

Edit Posted by with 1 comment

BELA NEGARA ZAMAN NOW

Indonesia begitu kaya akan segalanya, keragaman bahasa, budaya, suku bahkan kekayaan alam.nya. Kita semua baik generasi zaman old maupun generasi zaman now wajib membelanya. Selain amanah UUD 1945 dan sudah sepantasnya mecintai dan merawat  indonesia sebagai wujud nyata bela negara.
Beberapa hari yang lalu, kamis 19 Desember kemarin ialah hari Bela Negara dimana hari Bela Negara ini merupakan hari yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sejarah menjadikan kita belajar serta memaknai akan menghargai perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan. Sebagai warga negara Indonesia sudah seharusnya memperingati hari bela negara bagaimana pun caranya. Hal seperti ini sudah seharusnya  tertanam pada kesadaran diri sendiri. Kesadaran bela negara ini penting untuk diamalkan dalam diri setiap warga Negara Indonesia.
Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut, bela negara ini merupakan keniscayaan bukan hal yang baru, ini sudah ada sejak bangsa Indonesia berdiri, dulu para pahlawan untuk merebut kemerdekaan dengan cara berperangan, berbeda halnya sekarang. Hal apa yang harus dilakukan ? sebagai pemuda khususnya Mahasiswa yang mempelopori Agent of Change harus mampu membuat strategi-strategi untuk bela negara. Apakah kita harus berperang juga? jawabannya tidak....
Lalu dengan cara apa ? kita simak terlebih dahulu ppentingnya  bela negara dan bentuk bela negara seperti apa yang harus dilakukan di zaman sekarang ini.
Beberapa alasan mengapa bela negara itu penting.
1.       Untuk mempertahankan negara dari berbagai ancaman
2.       Untuk menjaga keutuhan wilayah negara
3.       Merupakan panggilan sejarah
Dan kita mengetahui bahwa sejarah Indonesia merupakan sejarah para pahlawan yang mengorbankan jiwa dan raganya untuk mempertahankan NKRI. Dan tentunya ini merupakan kewajiban setiap warga negara.
Kembali ke hal sebelumnya, dengan cara seperti apa yang harus dilakukan saat ini untuk membela negara? Meski kita sudah tidak lagi menggunakan senjata tajam untuk mempertahankan negara dari emprealisme dan ekspansi asing namun upaya untuk serta berperan aktif dalam membela negara dapat dilakukan saat ini salah satunya dengan menangkal berita HOAX.

 Seperti yang kita ketahui bahwa HOAX  adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi seolah-olah benar adanya, biasanya hoax ini merupakan cara yang dilakukan oleh orang individu maupun sekelompok orang yang berusaha menjatuhkan dan merendahkan orang lain atau pihak tertentu.
Nah....... jadi sebagai mahasiswa saat yang harus dilakukan bukanlah berperang seperti zaman dulu yang berbendong-bondong perang dengan mengunakan senjata. Akan tetapi, dengan beredarnya berita HOAX kita sebagai mahasiswa harus berperan aktif untuk menangkal berita HOAX yang dapat memperpecah dan memperbelah bangsa.
Beberapa cara dalam menangkal berita HOAX. Pertama yaitu  hati-hati dengan judul yang provokatif, biasanya berita ini seperti menuding pihak tertentu. Apabila menemukan berita provokatif,  yang harus dilakukan ialah cari berita yang sama dari situs yang resmi. Kedua cermati alamat situs. Dan yang ketiga Periksa fakta.

AYO BELA NEGARA



1 komentar: