Minggu, 11 Juni 2017

CONTOH KASUS PELANGGARAN PERUSAHAAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIALNYA PADA LINGKUNGAN DAN ANALISIS KONSEP-KONSEPNYA

Edit Posted by with 2 comments

CONTOH KASUS PELANGGARAN PERUSAHAAN TERHADAP TANGGUNG JAWAB SOSIALNYA PADA LINGKUNGAN DAN ANALISIS KONSEP-KONSEPNYA

·         tanggung Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility adalah suatu
konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
Dari segi manajemen resiko, contohnya adalah sebuah perusahaan harus bertanggung jawab terhadap dampak buruk atau negatifnya  yang akan ditimbulkan terhadap lingkungan. Jadi perusahaan tersebut juga harus memperhatikan dan menjaga lingkungan dengan baik dari dampak buruk yang ditimbulkan dari proses perusahaan itu sendiri. Seperti beberapa pusat perbelanjaan yang menggunakan kantong plastik yang mudah terurai dan ikut serta dalam mengkampanyekan Go Gree.
Contohnya yang dilakukan oleh salah satu perusahaan rokok di Indonesia PT. Djarum yaitu mendirikan sebuah foundation yang menangani masalah pendidikan, olahraga, dan sebagainya, yaitu Djarum Foundation. Ini adalah contoh nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap masyarakat. Hal-hal ini dilakukan perusahaan sebenarnya juga untuk keuntungan jangka panjang dari perusahaan itu sendiri. Seperti perusahaan akan lebih dikenal oleh masyarakat sekitar karena mereka memperkerjakan masyarakat sekitar, dikenal karena perusahaan tersebut ramah lingkungan, dan juga dikenal karena memberi sumbangsih kepada masyarakat.

Analisa kasus :
Dari contoh kasus diatas merupakan bentuk kepedulian dari Perusahaan tersebut terhadap kepedulian sosial yaitu mendirikan yayasan pendidikan, olahraga dan sebagainya dengan nama
Djarum Foundation. Hal ini akan bersifat saling menguntungkan karena masyarakat sebagai pihak yang diberikan fasilitas oleh perusahaan tentu dapat memanfaatkannya dengan baik sehingga dapat meningkatkan perekonomian baik dalam bidang olahraga ataupun pendidikan sedangkan dipihak perusahaan dengan berdirinya perusahaan tersebut maka akan semakin mengenalkan nama perusahaan tersebut dan dinilai baik oleh masyarakat.

·         Perusahaan-perusahaan di Indonesia banyak yang melanggar etika bisnis dengan melakukan pencemaran terhadap lingkungan dan sosial, misalnya saja untuk kasus PT.Lapindo Brantas. Indonesia misalnya untuk kasus kelalaian yang dilakukan PT. Lapindo Brantas merupakan penyebab utama meluapnya lumpur panas di Sidoarjo, akan tetapi pihak Lapindo malah beralih dan enggan untuk bertanggung jawab. Jika dilihat dari sisi etika bisnis, apa yang dilakukan oleh PT.Lapindo Brantas jelas telah melanggar etika dalam berbisnis, dimana PT.Lapindo Brantas telah melakukan eksploitasi yang berlebihan dan melakukan kelalaian hingga menyebabkan terjadinya bencana besar yang mengakibatkan kerusakan parah pada lingkungan dan sosial. Eksploitasi besar-besaran yang dilakukan oleh PT.Lapindo membuktikan bahwa PT.Lapindo rela menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan. Dan keengganan PT.Lapindo untuk bertanggung jawab membuktikan bahwa PT.Lapindo lebih memilih untuk melindungi aset aset mereka daripada melakukan penyelamat dan perbaikan atas kerusakan lingkungan dan sosial yang mereka timbulkan.

·         Analisi kasus: kasus  kelalaian PT.LAPINDO brantas merupakan kasus utama meluapnya lumpur panas sidoarja, solusi saya agar tidak terjadi kelalaian yaitu dibutuhkan ketelitian. Dan solusi saya supaya tidak meluapnya lumpur panas perlu adanya penanaman tumbuhan hijau dan di adakannya go green. 

2 komentar:

  1. mr pedro dan perusahaan pinjamannya benar-benar hebat untuk diajak bekerja sama. dia sangat jelas, teliti dan sabar saat dia membimbing saya dan istri saya melalui proses pinjaman. dia juga sangat tepat waktu dan bekerja keras untuk memastikan semuanya siap sebelum menutup pinjaman. mr pedro adalah petugas pinjaman bekerja dengan sekelompok investor yang membantu kami mendapatkan dana untuk membeli rumah baru kami, Anda dapat menghubungi dia jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dengan tingkat rendah yang terjangkau 2 rio email dia di . pedroloanss@gmail.com atau chat whatsapp: + 1-863-231-0632

    BalasHapus