Minggu, 11 Juni 2017

WARALABA

Edit Posted by with No comments
WARALABA
Franchise(waralaba) adalah suatu pengaturan perjanjian dimana seseorang pemilik bisnis (franchisor) mem perbolehkan pemilik bisnis lain (franchisee) memakai merek dagang produk, nama dagangnya atau hak ciptanya, dalam kondisi tertentu. Setiap franchise menjalankan bisnisnya secara mandiri dan biasanya memiliki pengusaha perseorangan.

Kegiatan franchise adalah mengembangkan dan melebarkan sayap dengan bekerjasama dengan berbagai pihak yang mempunyai modal dan ingin membuka usaha tetapi tidak memiliki brand yangbagus dan terkenal. Keuntungan berbisnis ini adalah kita dapat bekerja sama dan saling menguntungkan. Banyak yang memilkik modal, ingin berbisnis tetapi belum mengetahui dan khawatir dengan resikonya, bisa mencoba dengan bisnis franchise Ada juga jenis-jenis dari franchise diantaranya: Distributorship, Chain-style business dan Manufacturing Agrement.

Disini saya tidak akan membahas secara keseluruhan, melainkan salah satu dri jenis Franchise yaitu mengenai Chain-style business, jenis waralaba inilah yang paling dikenali masyarakat. Dalam jenis ini pemilik bisnis lain (franchisee) mengoperasikan suatu kegiatan bisnis dengan memakai nama seseorang pemilik bisnis (franchisor). Sebagai imbalan dari pengguna nama franchisor,maka franchisee harus mengikuti metode-metode atau aturan-aturan standar pengoprasian dan berada di bawah pengawasan franchistor dalam hal bahan-bahan yang digunakan, pilihan tempat usaha, desain tempat usaha, jasa penjualan,persyaratan para karyawan dan lain-lain.

seseorang pemilik bisnis (franchisor) memiliki cara tersendiri yang unik dalam menyajikan produk dalam satu paket, seperti yang dilakukan oleh Mc Donald’s dengan membuat variasi produknya dalam bentuk paket.

·         Contoh Waralaba

Di Indonesia waralaba sangat berkembang contohnya Alfamart, alfamart mulai mengembangkan bisnis waralabanya pertama kali di Indonesia dengan nama Indomart, diantara penyebab pesatnya perkembangan waralaba tersebut tentu ada rahasia yang harus dijaga diantaranya rahasia tersebut adalah jenis barang yang disediakan keduanya bisa memenuhi kebutuhan primer dan skunder masyarakat tentunya berkualitas seperti, makanan, minuman, alat tulis dan lain-lain. Selain itu harga jual produknya pun sangat terjangkau sehingga tidak heran apabila minimarket tersebut tersebar luas di daerah-daerah kecil hingga besar. Tidak hanya di perkotaan tetapi sekarang sudah mulai muncul di pendesaan juga. Pemilik dari merek akan memberikan hak kepada para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya dengan atribut produsen seperti nama merek.

0 komentar:

Posting Komentar